October 22, 2024

Makanan yang Kaya Nutrisi Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

0

Makanan yang Kaya Nutrisi Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat – Asam urat kerap kali menyerang bagian lutut, pergelangan kaki hingga sendi pada jari. Saat mengalami masalah kesehatan tersebut, penderitanya akan merasakan nyeri, panas di persendian dan pembengkakan. Supaya masalah kesehatan tersebut tidak semakin parah, cermati makanan yang hendak dikonsumsi. Supaya tidak salah pilih, pastikan supaya dapat mengetahui apa saja jenis makanan yang disarankan bagi setiap penderita asam urat.

Makanan yang Kaya Nutrisi Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Jenis Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam UratĀ 

Makanan yang Kaya Nutrisi Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat – Tak perlu menunggu berlama-lama lagi, langsung saja simak berbagai jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat berikut ini:

1. Buah Kiwi

Salah satu jenis makanan tersebut berasal dari buah-buahan. Tidak lain adalah buah kiwi. BBukan karena suatu alasan sebab dari buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang sangat melimpah di dalamnya.

Kandungan vitamin C tersebut dapat mencegah kadar asam urat yang ada di dalam tubuh kita. Dengan begitu, mengonsumsi buah kiwi sama saja mempercepat penyembuhan asam urat sekaligus mencegah terjadinya penyakit tersebut.

2. Teh HijauĀ 

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata teh hijau juga baik bagi penderita asam urat. Hal ini karena di dalam teh hijau ada kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut yang bernama katekin.

Kandungan inilah yang dapat mencegah pada produksi asam urat di dalam tubuh. Tidak berhenti di situ saja, teh hijau juga berkhasiat dalam mengeluarkan kristal asam urat.

Usai mengetahui makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat ini, penderita asam urat tidak perlu ragu untuk mengonsumsi teh hijau. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka bisa langsung melihat bagaimana manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

3. Alpukat

Ternyata ada begitu banyak jenis buah-buahan yang baik untuk konsumsi bagi penderita asam urat. Selain kiwi, alpukat juga dapat dimakan bagi penderita asam urat.

Alasannya yaitu di dalam buah alpukat ada kandungan lemak baik. Bukan hanya itu, di dalam buah alpukat ini juga terdapat kandungan antioksidan.

Lebih dari itu, buah alpukat ternyata juga mengandung vitamin E yang tidak kalah tinggi dari kandungan baik lainnya. Kandungan inilah yang mampu menyerang asam urat karena memberikan efek anti radang.

4. Kacang-kacangan

Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang baik untuk penderita asam urat. Sebut saja kacang polong, lentil dan buncis.

Di dalam kacang-kacangan tersebut ada kandungan protein tinggi yang ampuh untuk melawan asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat bisa mengonsumsinya secara rutin agar terbebas dari penyakit tersebut.

5. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang mempunyai begitu banyak penggemarnya. Tak mengherankan karena produk olahan ini memiliki rasa yang nikmat.

Selain enak, produk olahan susu tersebut juga memiliki khasiat sebagai makanan yang disarankan untuk para penderita asam urat. Hal ini karena yoghurt memiliki kandungan lemak yang rendah.

Kandungan tersebut membuat produk olahan susu ini aman bagi penderita penyakit asam urat. Untuk itu, konsumsilah yoghurt agar penyakit tersebut tidak semakin parah.

6. Kentang

Di dalam kentang, ada kandungan purin rendah. Karena hal itu, kentang ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja yang menderita penyakit asam urat.

Dengan mengonsumsinya, serangan asam urat bisa menurun seketika. Selain itu, orang yang ingin terhindar dari asam urat juga bisa mengonsumsinya.

7. Telur

Penderita asam urat juga boleh mengonsumsi telur karena terkenal sebagai sumber protein tinggi. Kendati demikian, bukan berarti boleh mengonsumsi telur dalam jumlah besar.

Alangkah baiknya jika mengonsumsi telur dengan jumlah sedang saja. Hal ini tidak lain untuk menghindari berbagai jenis penyakit lainnya. Misalnya saja kolesterol tinggi.

8. Jahe

Serangan asam urat bisa semakin cepat mereda jika memanfaatkan jahe. Rempah-rempah yang satu ini bersifat anti-inflamasi sehingga baik untuk mengurangi peradangan karena asam urat.

Semakin berkhasiat karena di dalam jahe ada kandungan antioksidan yang mampu mengatasi masalah penyakit tersebut. Untuk mengonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat ini pun cukup mudah.

Salah satu caranya yaitu dengan membuat minuman jahe. Alternatif lainnya yaitu menambahkan jahe pada olahan masakan.

9. Jeruk

Untuk mencegah terjadinya kadar asam urat yang ada di dalam tubuh, penderitanya juga wajib dalam mengonsumsi buah jeruk. Hal ini karena di dalam buah jeruk ada kandungan vitamin C yang sifatnya antioksidan.

Kandungan vitamin C tersebut terbukti ampuh dalam mengatasi masalah tersebut. Bahkan bisa juga mengonsumsinya untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat.

Di sisi lain, penderita asam urat juga bisa mengonsumsi buah jeruk untuk meredakan peradangan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa penyakit asam urat seringkali menimbulkan peradangan pada penderitanya.

10. Kopi

Kopi termasuk salah satu jenis minuman yang disukai oleh berbagai kalangan. Baik itu wanita maupun pria memang banyak yang menyukai minuman ini.

Siapa yang mengira bahwa ternyata jenis minuman ini baik untuk penderita asam urat. Hal tersebut karena kandungan dari kopi ini dapat mencegah dalam penurunan kadar asam urat di dalam tubuh.

Minuman tersebut mampu memperlambat pemecahan purin jadi asam urat. Semakin menguntungkan siapa saja yang minum kopi karena minuman ini mampu mempercepat laju ekskresi.

Penutup:

Setelah mengetahui berbagai jenis makanan di atas, penderita asam urat tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Karena pilihannya beragam, penderita asam urat bisa memilih jenis makanan sesuai seleranya.

Hal yang pasti, untuk mendapatkannya pun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Akan jauh berbeda jika kondisi kesehatan semakin memburuk sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat memang memiliki kandungan nutrisi melimpah dan penting bagi tubuh. Penderita asam urat bisa mengonsumsinya sekarang juga untuk menjaga kesehatan tubuhnya sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *