July 11, 2024

Jenis Makanan Sehat untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian

0

Jenis Makanan Sehat untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian – Ada beragam jenis makanan sehat yang dapat kita konsumsi setiap hari. Selain berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga kondisi tubuh. Bahkan, memasukan makanan sehat ke dalam menu harian, bisa menolong tubuh agar daoat melawan bermacam-macam jenis penyakit.

Makanan sehat sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga fungsi dan kinerja organ. Tubuh yang kekurangan nutrisi rentan terserang penyakit. Itulah mengapa, asupan makanan sehat setiap hari tidak boleh kita abaikan.

Jenis Makanan Sehat untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian

Jenis Makanan Sehat yang Penting untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Jenis Makanan Sehat untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian – Berbicara tentang makanan sehat, tidak lepas dari istilah B2SA, yakni Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman. Makanan yang kita santap tidak hanya lezat maupun porsi yang banyak. Namun, juga harus memperhatikan jenis makanannya, kandungan gizinya dan keamanannya.

Menemukan makanan sehat tidaklah sulit. Harganya juga relatif murah. Sebab itulah, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi makanan sehat. Berikut inilah beberapa jenis makanan sehat yang wajib diperhitungkan, yaitu:

1. Sayuran

Siapa yang tidak suka makan sayur? Sayuran merupakan makanan sehat yang mengandung beragam nutrisi penting. Seperti vitamin A, C, K, serat, kalium, folat, zat besi,kalsium,dan magnesium.

Sayuran juga mempunyai antioksidan yang begitu tinggi. Antioksidan tersebut berperan penting karena bisa melindungi dan menjaga tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh bahaya radikal bebas.

Mengonsumsi sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko terserang penyakit ringan hingga kronis. Seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Ada begitu banyak jenis sayuran yang bisa kalian makan. Misalnya saja, sawi, brokoli, wortel, kembang kol, tomat, selada, kale, bayam, kangkung dan jenis sayuran berdaun hijau lainnya.

Sayuran-sayuran ini dapat kita olah menjadi berbagai macam masakan lezat. Seperti direbus untuk lalapan, ditumis, dikukus, dibuat sop dan aneka hidangan lainnya.

Meski mudah cara memasaknya, pastikan nutrisi yang terkandung dalam sayuran tidak hilang. Ada baiknya memasak sayuran dengan tingkat kematangan yang sesuai agar tidak merusak kandungan gizinya.

2. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Sama seperti sayur, buah-buahan juga kaya akan nutrisi.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah yakni serat, vitamin C, kalium, vitamin A, hingga antioksidan. Kandungan nutrisinya inilah yang membuat buah perlu kita konsumsi setiap hari.

Selain banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, buah juga memiliki rasa yang manis, asam dan menyegarkan. Adapun jenis buah yang banyak kita temukan antara lain, apel, jeruk, alpukat, melon, semangka, stroberi, pisang, nanas, mangga dan buah-buahan lainnya.

Cara mengonsumsi buah sangatlah mudah. Kita dapat memakannya secara langsung sebagai cemilan sehat. Selain itu, kita juga dapat mengolahnya menjadi jus, smoothies dan salad.

Pastikan menambahkan buah ke dalam menu diet. Selain menyukseskan program diet, buah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah salah satu makanan sehat yang tinggi dan kaya akan nutrisi. Kandungan gizi yang ada di kacang dan bijian tersebut tidak bisa kalah dengan sayuran maupun buah-buahan. Bahkan, beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein, sehingga dapat memenuhi sumber energi bagi tubuh kita.

Jenis kacang-kacangan dan biji-bijian sangat beragam. Mulai dari yang murah hingga mahal. Misalnya, kedelai, kacang tanah, jagung, kacang ijo, kacang mete, wijen, almond, hingga chia seed.

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki tekstur yang renyah, sehingga cocok untuk cemilan sehat. Apalagi, berkat kandungan nutrisinya dapat membantu memelihara dan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung di kacang dan bijian tersebut antara lain, magnesium, vitamin E, dan mineral penting lainnya.

4. Daging dan Telur

Daging dan telur merupakan jenis makanan sehat lainnya yang kaya akan dengan nutrisinya. Dada ayam dan daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan protein serta zat besi yang sangat tinggi.

Jika kita bandingkan dengan jenis lainnya, kadar lemaknya jauh lebih rendah. Tak heran jika dada ayam dan daging tanpa lemak memiliki banyak peminat.

Telur juga tak kalah menyehatkan. Pasalnya, dalam sebutir telur memiliki kandungan vitamin, lemak tak jenuh, mineral, antioksidan, serta protein.

Pastikan mengolah daging dan telur dengan cara yang tepat. Hal tersebut bertujuan supaya dapat menjaga kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

5. Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Ikan dan makanan laut lainnya memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Asam lemak omega 3 dipercaya dapat merendahkan risiko terhadap serangan penyakit, seperti demensia, penyakit jantung, dan depresi.

Selain itu, ikan dan makanan laut tinggi protein. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memastikan kinerja organ tetap maksimal.

Beberapa jenis ikan laut yang dapat kita konsumsi seperti salmon, sarden, tuna, kerapu, kerang, lobster, cumi, sidat, hingga kakap. Ikan laut cenderung memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Jika ingin lebih murah dapat menggantinya dengan ikan nila, lele, gurame, bawal, hingga udang.

6. Susu dan Produk Olahannya

Satu lagi jenis makanan sehat yang perlu kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, yakni susu dan produk olahannya. Olahan susu yang kaya nutrisi seperti yoghurt dan keju.

Adapun nutrisi yang terkandung di dalamnya yakni protein, lemak sehat dan mineral. Kandungan nutrisinya ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

Susu dan produk olahan juga memiliki akan kaya dengan kalsium. Kalsium tersebut sangat berguna dalam menjaga kesehatan maupun kekuatan tulang.

Penutup:

Mengonsumsi jenis makanan sehat saja untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima tidaklah cukup. Karena itulah, kita perlu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Seperti rajin berolahraga, tidur yang berkualitas, menjaga kebersihan badan dan tempat tinggal, hingga manajemen stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *