July 11, 2024

Makanan Penurun Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Tahu

0

Makanan Penurun Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Tahu – Penyakit darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi pada siapa saja dan tidak boleh disepelekan. Untuk dapat menurunkan darah tinggi, perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Jadi tidak hanya memperoleh obat dari dokter saja. Maka dari itu, penting mengetahui berbagai macam makanan penurun darah tinggi.

Dengan demikian, maka tekanan darah akan tetap stabil dan dapat terhindar dari bermacam komplikasi penyakit. Hipertensi bisa dikendalikan dengan cara yang cukup sederhana, yakni dengan menjaga pola hidup sehat secara terjadwal dan teratur.

Makanan Penurun Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Tahu

Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

Makanan Penurun Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Tahu – Tekanan darah tinggi jika tidak terkontrol maka dapat menimbulkan komplikasi seperti serangan jantung dan stroke. Hipertensi terkadang tidak mempunyai gejala apapun dengan jelas. Sehingga penting bagi penderitanya untuk memeriksa tekanan darah secara teratur.

Penyebab hipertensi ini bermacam-macam, seperti faktor genetik atau keturunan. Riwayat hipertensi dalam keluarga dapat diwariskan atau mempunyai risiko lebih tinggi.

Kemudian gaya hidup kurang sehat juga jadi penyebabnya. Mulai dari makan makanan mengandung lemak jenuh, tinggi garam, konsumsi alkohol, merokok dan kurangnya aktivitas fisik.

Selanjutnya kelebihan berat badan juga bisa mempengaruhi fungsi jaringan lemak yang ada didalam tubuh dan menambahkan tekanan darah pada dinding arteri. Stres juga dapat menjadi pemicu hipertensi. Hormon stres akan mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan denyut jantung.

Bertambahnya usia yang membuat pembuluh darah kehilangan elastisitas dan menjadi kaku juga jadi penyebab hipertensi. Penyebab lainnya adalah penyakit penyerta seperti diabetes dan ginjal serta efek samping dari obat yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Bagi penderita hipertensi, berikut inilah sejumlah makanan penurun tekanan darah tinggi yang bisa kalian konsumsi didalam menu sehari-hari, yaitu:

1. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau seperti bayam, sawi dan brokoli kaya akan serat, kalium, kalsium, antioksidan, potassium dan magnesium. Nutrisi tersebut menolong dalam mendukung kesehatan pada pembuluh darah. Sehingga bisa membantu dalam menangani masalah menurunkan tekanan darah.

2. Pisang 

Makanan penurun darah tinggi selanjutnya adalah buah pisang. Pisang mengandung kalium dan potassium cukup tinggi. Secara alami, potassium dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam satu buah pisang terdapat sekitar 420 mg potassium. Jumlah ini sesuai dengan rekomendasi dari American Heart Association, yakni 11% dari konsumsi 4.700 mg setiap harinya.

3. Alpukat

Buah alpukat kaya akan nutrisi dan lemak sehat. Lemak tidak pekat yang terkandung di dalam buah alpukat tersebut bisa merendahkan pada tekanan darah tinggi. Bahkan kandungan kalium dalam buah ini membantu mengimbangi efek sodium di dalam tubuh, karena seringkali menjadi pemicu meningkatnya tekanan darah.

4. Buah Bit 

Makanan penurun darah tinggi berikutnya buah bit. Ini karena buah bit banyak mengandung nitrat. Sedangkan nitrat merupakan senyawa yang sangat baik supaya dapat meluaskan pembuluh darah hingga mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain dimakan secara langsung, dapat mengkreasikannya dengan dibuat jus. Jus buah bit mentah kaya akan mineral, antioksidan dan vitamin yang baik untuk menurunkan hipertensi.

5. Kacang-kacangan

Makanan penurun darah tinggi selanjutnya yakni kacang-kacangan seperti kacang kenari dan almond mengandung banyak serat, protein nabati dan lemak sehat. Menariknya, semua nutrisi tersebut membantu menurunkan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

6. Bawang Putih

Aroma bawang putih memang cukup menyengat, bahkan rasanya aneh. Namun, konsumsi bawang putih dengan rutin dapat membantu menurunkan darah tinggi. Pasalnya bawah putih memiliki senyawa belerang alami yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan melebarkan pembuluh darah. Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung karena mempunyai kandungan yang rendah kolesterol.

7. Ikan Salmon 

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon dapat menurunkan hipertensi. Hal tersebut karena asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar senyawa oxylipin penyebab penyempitan pada pembuluh darah. Vitamin D pada ikan salmon juga bisa mengecilkan pada tekanan darah.

8. Yoghurt dan Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak atau susu skim sebagai makanan penurun hipertensi karena mengandung kalsium tinggi dan senyawa peptida. Jika tidak suka susu, maka alternatif lainnya adalah dapat mengonsumsi yoghurt.

Minum yogurt setiap malam sebelum tidur atau di pagi hari secara rutin, bisa bantu menurunkan berat badan yang berlebih, menyehatkan sistem pencernaan dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, baik untuk kesehatan jantung beserta organ-organ di dalam tubuh yang lainnya.

9. Oatmeal

Oatmeal menjadi makanan yang memenuhi kriteria sebagai penurun darah tinggi. Hal ini karena oatmeal rendah lemak, rendah natrium dan mempunyai serat tinggi.

Oatmeal merupakan produk olahan dari gandum, dipercaya sangat baik untuk menutrisi tubuh pada saat menjalani diet. Jadi, konsumsi oatmeal saat sarapan dapat meningkatkan energi untuk membantu beraktivitas dengan lancar.

10. Wortel

Senyawa fenolik dalam wortel bisa menolong dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara tepat. Konsumsi wortel dapat mentah atau dimasak terlebih dahulu. Namun jika mengkonsumsi secara mentah akan mendapatkan kegunaan lebih banyak karena dapat menurunkan tekanan pada darah.

11. Buah Citrus

Ada berbagai macam buah citrus, mulai dari jeruk, lemon hingga jeruk bali. Pengidap penyakit hipertensi bisa memakannya supaya bisa merendahkan tekanan darah tinggi. Buah ini kaya mineral, vitamin dan senyawa bioaktif.

Selain makanan di atas, untuk menurunkan risiko darah tinggi juga dapat mengonsumsi buah mentimun, buah belimbing, tomat, buah melon dan minyak zaitun.

Kesimpulan:

Gaya hidup yang sehat sangatlah penting supaya dapat mengelola tekanan darah tinggi agar tetap normal. Bahkan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit yang terkait dengan darah tinggi. Pertahankan berat badan ideal dengan rutin berolahraga untuk tubuh lebih sehat.

Sebagai langkah awal, sebaiknya mencegah risiko hipertensi dengan pola hidup sehat. Jika kalian mengalami hipertensi, maka kalian bisa mengonsumsi makanan yang diatas dan dapat penurun darah tinggi secara signifikan. Kemudian bisa deteksi dini potensi risiko penyakit hipertensi dengan melakukan pemeriksaan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *